Tuesday, October 18, 2011

Tips Merawat Laptop/Notebook ...

Meskipun saya belum punya notebook atapun laptop dan baru punya pc, tapi saya sedikit mengetahui tentang perawatan laptop or notebook yang saya ambil dari pengalaman teman dan tidak jauh berbeda pula rasanya dengan merawat pc.

Berikut tips yang dapat saya berikan:
1. Jangan suka sembarangan download and install aplikasi
Jika memang anda benar - benar membutuhkan aplikasi tersebut, maka pastikan setelah selesai download langsung anda scan file tersebut baru install (pastikan antivirus anda juga up to date).

2. Jangan letakkan laptop di lantai
Resiko laptop terinjak kaki orang, mungkin anak Anda, atau binatang peliharaan akan sangat besar. Anak kecil akan mengira laptop Anda mainan dan binatang peliharaan anda bisa saja merusak bagian-bagian tertentu dari laptop. Selain itu laptop yang diletakkan di lantai akan cepat kotor oleh debu, apalagi jika lantainya jarang disapu.

3.  Jangan meletakkan di atas kaki kita (dipangku)
Menggunakan laptop/notebook dengan cara dipangku bisa - bisa membuat laptop kita cepat panas karena sirkulasi udara yang ada di laptop terhambat/terganggu dengan tubuh kita dan akan menyebabkan laptop menjadi cepat panas.

4. Pakai stabilizer atau siapkan baterai cadangan
Bila anda menggunakan laptop tanpa baterai atau melepas baterai (biasanya untuk menjaga baterai agar tidak cepat aus) maka disarankan memakai stabilizer untuk menjaga kestabilan listrik pada laptop anda. Untuk anda yang menggunakan laptop dengan mobile, sebaiknya siapkan baterai cadangan agar sewaktu - waktu anda sedang benar - benar memerlukan laptop untuk pekerjaan anda maka bisa menggunakan baterai cadangan tersebut tanpa rasa khawatir.

5. Jangan meletakkan sesuatu apapun di atas keyboard

6. Jangan meletakkan minuman atau makanan disekitar laptop

7. Pakailah tas khusus laptop

8. Jangan coba - coba melakukan pembongkaran atau membetulkan hardware laptop sendiri kecuali anda benar - benar seorang teknisi dan paham betul atas apa yang anda lakukan. Lebih baik bawa ke tempat service komputer anda daripada harus membeli baru lagi (kecuali anda orang kaya, terserah :D)

9. Bersihkan laptop secara berkala
Bersihkan Laptop dari bagian hardware maupun softwarenya. Untuk hardwarenya cobalah untuk membersihkan bagian - bagian laptop agar tidak banyak debu mengumpul yang dapat mengakibatkan ventilasi udara laptop tertutup. Untuk software bisa gunakan aplikasi seperti tuneup utilities, ccleaner atau banyak juga aplikasi lainnya ..

10. Jangan membanting laptop anda
Jika anda kesal terhadap seseorang atau pada apapun itu, sebaiknya jangan melampiaskan pada laptop anda kemudian membantingnya,, lebih baik berikan pada saya sajaaaaaa hhihhhii :P

semoga bermanfaattt ^,^

0 comments:

online gambling insider.ca